Pages

Be Good for yourSelf, Dude!

Selasa, 19 Juni 2012



Lagi asik ngelamun sendiri tiba-tiba otak gue munculin nama 'Leostrada atau Johan' hati gue juga kayaknya sekongkol nih sama otak buat naruh nama itu disela-sela kegalauan *azekk. Eh serius. Iya.... Leostrada.

Dari curcolan gue diatas *nunjuk ke atas* lo semua pasti tau hal apa yang mengilhami gue buat bikin postingan gak jelas ini.
Jum'at sore, tepatnya pas gue habis namatin baca novel 'Teror' karya Lexie Xu. Entah kenapa tokoh johan selalu ngingetin gue sama Leostrada -_- seketika hati gue mencelos, tapi bukan karna leostrada tuh psikopat ya! Leo mah normal aja waras kaya gue.

Buat para pecinta novel pasti udah gak asing sama nama “Leostrada Andhika Servorova Ekihara Miyazao” Yap! Lo bener, dia adalah tokoh utama dari novel favorite gue Dan Hujan pun Berhenti.

Eh.. Wait!

Gue melupakan seseorang.


Kalo inget mereka berdua gue pun jadi inget sama Matahari Senja a.k.a Ari. Kyaaa kalo ini lo pasti tau dong dia pangeran impian gue dari Novel trilogy Jingga dan Senja.

Pokoknya.. Mereka bertiga sama, sama-sama punya kisah kelam dan traumatik mengenai masa lalu di kehidupan mereka dan mereka meskipun tokoh khayalan tapi udah berasa kaya temen gue sendiri #plak

Masa iya sih mel? Lo bertemen ama Johan si Psikopat? Hiiiii.

Yah, emang sih si Johan itu sadis dan gila nya gak ketulungan. Tapi kalo gue teropong pake hati nurani gue nih *cielah Gue bisa liat 'Johan tuh gak jahat kok' dan hati gue bermonolog 'Johan juga sebenarnya gak mau kok jadi Johan yang seperti ini'.... JLEP!!

Johan, Sosok novel tergila, tersadis, terbrengsek, psychopath tingkat dewa, gak punya hati nurani. Tapi dengan berat hati gue mesti bilang.. Hidup selalu punya alasan untuk itu.
Johan, terlalu kecewa sama hidup. Dia terlalu dendam sama hidup, dia ngerasa semua orang dalam hidup menghakimi dia, selalu nyalahin dia atas apa yang terjadi. Termasuk kematian Jocelyn, adiknya.
Waktu itu dia masih SD guys -_- coba lo fikir deh, gimana rasanya dimusuhi sama hidup dan di anggap kalo lo tuh pembunuh! Waktu lo masih duduk disekolah dasar. Pasti stress banget dong? Takut? Ditambah lagi dia harus nerima kenyataan tentang nyokapnya yang mati gantung diri dan ninggalin catatan bahwa:

“dia gak sanggup hidup bersama anak yang sudah membunuh anak perempuannya”

Johan waktu itu bilang dalem hati

“Apakah ini berarti aku bukan anakmu juga, Mama?”


goshhhh! Hati gue sakit bacanya, gue bisa bayangin gimana sakitnya, gimana fikiran itu nyakitin Johan banget, siang malem bahkan dibangun dan mimpinya :"(
Hidup sendirilah yang udah bikin johan begini, Hidup sendiri yang membentuk pribadinya dan rasa dendam yang makin lama makin membara. Tapi kenapa gak ada dari kita yang sadar hal itu?
Gue fikir yang dialami Johan ini udah klimaks bgt. Jadiin johan gila dan tambah lama tambah gila tanpa ada yang bersedia nyembuhin luka hati itu dan ngebentuk wataknya jadi Psychopath beneran. Dan disaat dia udah marah, semua orang baru ngeliat dia. Intinya punya dendam di masa lalu itu bahaya banget guys.

Sama halnya dengan Leo. Tokoh yang menurut gue paling kontroversi, wih dia nih meski gak psikopat kayak Johan tapi dia brutal banget, dark, bener-bener punya hidup yang gelap. Ancur, bandel, keras tapi hebatnya dia bisa tetep bertahan sama semua itu, sama kondisi hidup dan keluarganya yang lebih berantakan dari pada rumah-rumah dipinggiran kali ciliwung. Semua dilatar belakangi karna rasa muak nya sama hidup. Dia kecewa, dia menganggap semua orang munafik, dia gak percaya sama semua orang kecuali sama Irish. Ya, Irish ini temen masa kecilnya yang baik banget. Irish yang paling kenal Leo dan yang pertama kali bilang 'Leo Baik' tapi ironis sih, Irish meninggal ketabrak mobil :'(
Yah proses hidup yang berat membuat dia terbiasa memakai topeng tersenyum di wajahnya. menghasilkan imej maya kalo dirinya yang cuek, enerjik, sinis, liar, dan brutal. Sesuatu yang ia pakai di permukaan agar tampak bahagia selalu, menutupi
keantisosialannya yang tersembunyi dalam dirinya. Kebencian dan
ketidakpercayaannya pada dunia.

Intinya Leo udah kecewa banget lah, sampe-sampe dia gak percaya sama kebaikan sesungguhnya yang ternyata udah dia dapet (di ending) dan bersyukurlah ada Spiza juga tokoh penting yang berhasil nyadarin Leo buat percaya sama dunia dan ngebuka mata leo bahwa setiap hal itu pasti punya kesempatan ke-2 buat diperbaiki. Oh thanks, God!

And, well.. The Last man

Matahari Senja a.k.a Ari. Cowok ini favorite gue, dia yang paling masih manusiawi dari 2 cowok yang udah gue deskripsiin di atas. Seenggaknya Ari gak psycho dan hars in word yeppp =D
Ari, berasal dari keluarga Broken, kecewa sama alur hidup yang ngebuat dia selalu ngerasa kesepian. Ari selalu ngerasa dikecewain sama orang-orang yang dia cintai, selalu ngerasa dicampakkan sama hidup dan nganggap semua orang itu munafik. Ari yang sengak, doyan tawuran dan sederet reputasi buruk lain yang jadiin watak dia jadi keliatan antagonis kali ya. Padahal Ari itu aslinya anak yang baik :(
Ari pribadi yang kasar namun lembut, baik namun bisa sangat amat kurang ajar, kuat namun bisa sangat rapuh. Seperti quotes dibawah ini yang gue kutip dari JDE, hal 225

“Ari adalah hati yang penuh dengan retakan. Dia adalah
senyum yang di baliknya tangis telah menunggu begitu lama untuk bisa keluar. Dia adalah
punggung tegak yang bisa runtuh dengan hanya satu sentuhan pelan. Dan dia adalah
pemain drama hebat, karena hidup telah membentuknya dengan bertubi-tubi tekanan”

Jlep..

Gosh, kesepian itu emang gak enak ya.
Ari berpisah dan itu terpaksa sama nyokap dan saudara kembarnya selama
hampir 9 tahun. Dan selama itu dia hidup sama bokapnya yang jarang pulang bahkan udah kaya orang gak saling kenal -_-

“Tante tau, kenapa Mama dulu milih Ata? Kenapa Mama nggak
milih saya? Tante kan tau, Ata tuh nakal banget. Sebentar-
sebentar berantem. Sebentar-sebentar bikin nangis orang.
Nggak pernah berhenti usil. Kalo
disuruh Mama beli apa ke warung, nggak pernah mau. Ata juga nggak pernah bantuin Mama jahit apalagi ikut beresin baju-baju jahitan. Saya yang selalu bantuin Mama. Saya yang selalu nemenin Mama jahit. Saya yang selalu berangkat kalo Mama nyuruh apa-apa. Kenapa bukan saya yang diajak? Kenapa
malah Ata? Kenapa saya ditinggal?” - JDE, hal 330.


Crap. Yang gue rasain saat baca kutipan di atas adalah... Kecewa, sakit hati, ngerasa dicampakin dan.. Kok hidup ini gak adil banget sih?

Ari ngejalanin kehidupan dia selama ini ya dengan topeng dan jubah baja yang dia punya. Bisa lo bayangin? Menipu diri sendiri, selama 9 tahun dan menjadi Ata, lalu mematikan sisi Ari yang sesungguhnya. Itu karena dia ngerasa
kesepian, kehilangan akan sosok Ata.

Ari cuma butuh orang yang care sama dia. Yang bisa lihat sisi baik dia, dia kesepian dia butuh orang buat ngeyakinin dia bahwa dunia gak mencampakkan dia, dunia gak ngelupain kalo ada anak baik yang namanya ari dan itu semua ada didalam diri Tari :')


At least, teori gue di awal bahwa, “Hidup selalu punya alasan untuk segala yang terjadi” itu terbukti.
Manusia di atas panggung kehidupannya sendiri gak harus selalu jadi tokoh Protagonis tapi balik lagi kepada dasarnya bahwa-semua-orang-itu-baik dan jika suatu hari dia berubah jadi Antagonis pasti akan ada alasan dibalik itu semua. Yap hidup selalu punya alasan untuk menjelaskan semua itu. Dan gue termasuk tipikal orang yang selalu memandang sesuatu dengan cara berbeda.

3 kisah diatas pun merupakan cerminan dari diri gue. Ngerasa kalo hidup itu nggak adil adalah makanan sehari-hari. Kecewa, marah, ngerasa semua orang munafik, ngerasa dicampakin sama hidup itu semua pernah gue alami. Terpuruk dan Kesepian luar biasa tanpa ada seseorang yang mau narik gue dari dunia itu. Gak ada yang peduli meski gue udah berteriak. Sehingga itu ngebentuk watak gue yang sinis dalam memandang hidup, sarkasme may be? yah tapi semua itu tergantung kita sendiri. Seberapa besar usaha kita memaafkan hidup. Meski hidup itu tidak pernah pemaaf dude! Seberapa usaha kita untuk berdamai dengan hidup dan tentu hati kita sendiri. Dan I did. Ternyata gue masih bijaksana untuk menghapus segala dendam dan importanly learn how to turn inner peace, through simple mental exercises and change of attitude. Maka lo akan merasa menjadi manusia yang lebih baik setelah itu. :'D

Be good for your Self, dude! Because life too good. :'')

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS