Pages

MAAF

Senin, 25 Juni 2012

Buat gue, apapun kesalahannya, apapun dosanya.. Yang paling sulit dilakukan adalah minta maaf.

Manusia gak akan pernah tau, hari ini mereka masih bisa tertawa bersama, namun esok? Siapa tau mereka saling memaki, saling mengumpat dengan penuh emosi!

MAAF. kata yang paling sering digunakan orang ketika melakukan kesalahan. Tapi gak semua orang mudah buat mengucapkannya, dan ga semua orang dapat menerima kata maaf itu dengan ikhlas. Bagi gue maaf banyak jenisnya. Ada orang yang hanya meminta karna menjaga gengsinya saja, ada yang meminta maaf tapi tidak bersungguh-sungguh dan dia mengulang kesalahannya lagi. Ada juga yang meminta & memberi maaf padahal hatinya tidak ikhlas. What ever., maaf., maaf.

Maaf juga kadang gak merubah banyak hal. Setidaknya dapat menenangkan hati dan menghapus segala rasa benci. Tapi ingat, seseorang mungkin bisa memaafkan, bisa menghapus segala dendam. Tapi tidak dengan sakit hati.

Akhir akhir ini gue cuma lagi berpikir keras. Keras banget ampe kadang gue mikir pala gue udah berubah jadi batu.

Kenapa harus jadi jahat kalau menjadi baik itu menyenangkan?

Gue sebagai remaja tentu pernah ngalamin masa-masa dimana gue down. Masa-masa labil gue, disana gue agak berubah. Disana cuma ada sinta yang identik sama kata sarkasme.

Sebagai seorang cewek gue nyesel pernah kaya gitu, rasanya gak pantes.. Ya memang banyak banget situasi yang bikin gue emosi parah, dan dari segi sifat sendiri gue adalah tipe yang gampang marah, gampang meledak ledak, sampe tiba dimana gue takut sama diri gue sendiri. Tapi kata nyokap gue, ga ada yang pernah terlambat didunia ini, mungkin buat kata berubah juga. Ga ada kata terlambat buat berubah, maaf juga.

Gue sempet berselisih paham sama beberapa temen gue di dunia maya. Gue nyesel, kenapa emosi lebih bisa nguasain diri gue ketimbang hati gue sendiri. Gue kesel kenapa gue gampang banget kepancing sama hal-hal yang justru nyelakain gue dikemudian hari. Dari situ gue mikir, gue bego! Well, well gue jujur. Ini semua juga bukan salah gue seorang diri.. Ada sebagian dari mereka yang emang buat gue mendidih bahkan juga mungkin mereka gak salah, gue nya aja yang gampang terhasut sama perkataan orang lain. Tapi gue gak mau egois lah.. Gue gamau nyalahin orang lain. Ini salah gue.. Udah titik. :)

Dari itu ada penyesalan. Dari penyesalan ada kata Maaf, gue tau gak semua kata maaf gue bisa ngerubah perasaan sakit hati seseorang, kalaupun gue tau orang yang udah gue sakitin hatinya gamau maafin. Gue nunggu, gapapa sampe mereka ikhlas. Mungkin bagi sebagian orang yang merasa dirinya angkuh. Sikap gue meminta maaf sama orang lain adalah rendah, munafik. No offense. Buat gue semua orang baik, gue termasuk orang yang gak bisa sabar. Dulu mungkin prinsip gue pantang minta maaf kalo bukan gue yang salah duluan. Tapi fikiran kayak gitu udah berubah, buat gue sekarang.. Siapapun yang salah, maaf itu wajib! Bullshit kalo manusia gakpunya salah dan dosa sama orang lain.

Hakikat manusia hidup aja mengumpulkan dosa haha. So, ga akan ada kata damai, gak ada kata maaf sebelum kita memulai duluan. Ayo deh mulai sekarang belajar aja buat memaafkan dan meminta maaf. Sesungguhnya permusuhan adalah kata maaf yang tertunda :D

Pengalaman gue dari kasus yang ada...

Minta maaf tuh SUSAH!! Kenapa? Gini. Kadang kita udah punya niat baik itu dalam hati,, tapi tiba-tiba terbesit perasaan malu, atau rasa egois yang kelewat tinggi, atau kebanyakan mikirlah.. Takut orangnya begini, takut begitu. Takut yang dipintain maaf malah jadi tambah angkuh dan sombong, takut gak dimaafin malah di judge, dicemooh di maki-maki. Wah pokoknya itu deh rasanya.. Itu baru niatnya ajaaaa udah nyiksa kan? Belom lagi pas sesi minta maaf. Haduh mati! Jantung rasanya mau copot nunggu jawaban... Deg degan parah. Wah kacau deh, rasanya jauh lebih nyiksa dibanding lagi nembak seseorang. Pernah gue ampe ter-galau-galau. Namanya orang punya dosa, pastilah hatinya gak tenang, mau minta maaf gengsi. *mati*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS